Sunday, January 26, 2020

Bergayalah Sesuai Isi Dompet! Tips Menghemat Uang Bulanan Buat Karyawan

tips hemat belanja bulanan, cara menghemat uang belanja dapur, cara menghemat uang gaji kecil

Apakah kamu seorang karyawan dengan menerima gaji tetap setiap bulan ? Tentu saja menghemat uang belanja bulanan menjadi sebuah keharusan dalam mengelola keuanganmu agar tidak boncos sebelum menerima gajian lagi bulan berikutnya.

Menjadi karyawan di perusahaan tertentu merupakan suatu hal yang membanggakan bagi setiap orang. Kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, ternyata banyak sekali karyawan yang masih belum bisa mengelola uang dengan baik sehingga mengalami kebingungan di akhir bulan.

Salah satu kunci yang paling jitu agar kamu tidak merasa sengsara di akhir bulan adalah dengan menghemat uang belanja bulanan. Teori saja memang mudah, yang sulit adalah menjalankannya. Kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan sedemikian rupa demi kesejahteraan hidup di masa yang akan datang. Jika kamu masih bingung bagaimana cara mengelola keuangan yang baik, berikut akan disajikan informasi tips menghemat uang belanja bulanan untuk karyawan.

1. Buatlah anggaran bulanan
Mulailah untuk membuat anggaran bulanan. Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disinilah kamu harus benar-benar pintar dalam mengatur kebutuhan apa yang memang sangat diperlukan dan kebutuhan apa yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buatlah anggaran bulanan dengan membaginya menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan primer seperti makanan, ongkos untuk bekerja, listrik, pulsa, air, tagihan kendaraan, cicilan rumah, dan lain sebagainya dan juga kebutuhan tersier seperti shopping, hang out, travelling, dan lain masih banyak lagi yang lainnya.

Yang diprioritaskan terlebih dahulu adalah kebutuhan primer karena jika tidak dapat dipenuhi kamu akan merasa kesusahan. Jika memang kebutuhan primer sudah aman dalam waktu satu bulan, barulah kamu bisa menggunakan anggaran kebutuhan tersier untuk bersenang-senang.

Namun, tak perlu mencari hiburan yang berlebihan karena uangnya bisa ditabung untuk masa depan. Hiburan memang penting untuk menyegarkan otak, namun kamu juga harus hemat juga, ya.

2. Jangan ditunda, segera bayar tagihanmu
Catatlah segala tagihan yang kamu miliki saat ini karena itu merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai kamu lupa untuk membayar tagihan dan akhirnya nanti akan terkena masalah.

Alangkah lebih baik jika kamu membayar semua tagihan pada awal bulan saat baru saja menerima gaji. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kelupaan membayar tagihan dan juga mempermudah kamu dalam mengatur keperluan bulanan.

3. Jangan lupa menabung
Sebagai seorang karyawan tentu saja kamu harus hidup hemat agar tidak sengsara dikemudian hari. Hidup hemat bisa diawali dengan cara menyisihkan gajimu untuk ditabung. Ya, cara menghemat uang belanja bulanan ini terbukti efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Sebenarnya menabung tidak hanya harus dilakukan oleh karyawan saja, bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah pun harus dibiasakan untuk menabung. Hal ini bertujuan agar tidak kesusahan jika suatu saat kamu tidak memiliki uang dan harus membeli keperluan yang mendesak.

Menabung tidak harus banyak-banyak yang penting rajin dan tertib menyisihkan uang setiap bulannya yaitu setelah menerima gaji. Yuk, budayakan hidup hemat dengan cara menabung dan mulai lakukan investasi pada gaji bulanan.

4. Buat laporan keuangan harian
Meskipun kamu bukan lulusan pada jurusan akuntansi, namun membuat laporan keuangan harian merupakan sebuah cara yang wajib untuk diterapkan oleh setiap karyawan. Tentu saja ada banyak sekali manfaatnya jika kamu melakukan cara menghemat uang belanja bulanan yang satu ini.

Catatlah pengeluaranmu setiap harinya. Tidak perlu membuat catatan yang sangat rapi karena tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut, cukup membuat catatan yang lengkap dan mudah dipahami kamu sendiri.

Dengan melakukan cara tersebut, kamu akan mengetahui kemana saja uang mengalir selama ini dan kamu pun dapat menganalisa kira-kira keperluan apa saja yang tidak perlu dibeli di bulan yang akan datang.

Meskipun cara ini terbilang rumit, namun akan sangat menguntungkan, lho. Jadi, pastikan jangan melewatkan cara yang satu ini.

5. Bijak dalam menggunakan kartu kredit
Kartu kredit bisa saja membantumu dalam menghemat uang jika digunakan secara bijak. Misalnya saja kartu kredit digunakan untuk promo barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari atau bisa juga digunakan untuk membayar tagihan-tagihanmu seperti tagihan rumah, tagihan mobil atau motor dan juga tagihan yang lainnya.

Kartu kredit memang dapat memudahkan urusan, namun tidak selamanya demikian karena uang kamu bisa terkuras habis jika menggunakannya secara sembarangan. Penggunaan yang tidak terkontrol justru akan merugikan diri kamu sendiri. Untuk itu, jika memang belum bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, sebaiknya jangan menggunakannya.

6. Gunakanlah air dan listrik dengan bijak
Menghemat uang belanja bulanan juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan air dan listrik dengan bijak. Meskipun terbilang sepele, namun cara ini wajib kamu lakukan untuk menekan ongkos tagihan air dan listrik.

Matikanlah kran air jika sedang tidak digunakan, matikan juga semua perangkat yang menggunakan daya listrik jika tidak digunakan. Jangan lupa untuk mematikan lampu saat siang hari dan saat akan bepergian. Kebiasaan yang sederhana ini harus diterapkan sedini mungkin untuk menghindari tagihan air dan listrik yang membengkak. Terlebih lagi sekarang listrik daya 900 watt ke atas sedang mengalami kenaikan.

7. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor
Jika tempat kerjamu dekat dengan rumah atau penginapan, tidak ada salahnya untuk berangkat kerja dengan berjalan kaki. Dengan begitu pengeluaran untuk membeli bahan bakar kendaraan menjadi berkurang. Dengan berjalan kaki, kamu juga tidak akan terjebak macet di jalanan yang bisa mengakibatkan terlambat masuk kerja.

Dengan berjalan kaki, kamu juga turut berpartisipasi dalam mengurangi polusi udara dan menjadikan tubuh lebih sehat. 

8. Gunakan kupon diskon atau promo untuk berbelanja
Tidak perlu malu jika membeli suatu barang yang sedang ada diskon atau promo karena ini merupakan cara menghemat uang belanja bulanan yang paling jitu. Pintar-pintarlah dalam mencari informasi yang berkaitan dengan promo atau diskon mengenai barang-barang keperluan sehari-hari dan juga makanan.

Sekarang ini ada banyak sekali supermarket yang menawarkan kupon diskon ataupun kupon promo untuk pembeli yang sudah memiliki kartu langganan. Untuk mendapatkan informasi mengenai promo dan diskon, silahkan sering-sering kunjungi laman internet.

9. Mencari penghasilan tambahan
Bagi kamu yang merasa pendapatannya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari padahal sudah melakukan penghematan, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama.

Dewasa ini ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dicoba seperti menjadi penulis lepas, berjualan online, berjualan pulsa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan usaha sampingan tersebut jika dilakukan dengan serius bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar dari pekerjaan utama.

Nah, tulisan tentang tips menghemat uang belanja bulanan untuk karyawan tersebut bisa kamu contoh mulai dari sekarang juga. Dijamin, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

Postingan Sebelumnya
First