Saturday, February 1, 2020

7 Tips Mantul Buat Kamu Biar Nggak Gampang Mengeluh

mengeluh, mengeluh adalah, mengeluh menurut islam, jangan mengeluh, jangan mengeluh quotes, berhenti mengeluh dan belajar bersyukur, contoh mengeluh, jangan mengeluh dengan keadaan, kata kata mengeluh capek

Iya sih, mengeluh memang hal yang manusiawi. Karena manusia memang sebenarnya makhluk yang suka berkeluh kesah, entah di lingkungannya atau di sosial media. Tapi, mengeluh bukanlah hal yang positif, juga bukanlah solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Jika dibiarkan, justru hal ini bisa membuat masalah kian rumit dan berat.

Tahukah kamu, semakin banyak kamu mengeluarkan keluhan, maka akan semakin menambah beban pikiran di dalam kepalamu. Karena mengeluh nggak akan pernah bisa membebaskan dari beban pikiran.

Kalau kamu ingin merasakan kehidupan yang lebih tenang dan damai, cobalah mulai hari ini untuk nggak gampang mengeluh. Pikiran akan lebih terbuka ketika hari-harimu tak lagi dipenuhi dengan keluhan. Terus, bagaimana caranya? Tips berikut ini bisa kamu lakukan supaya nggak mudah mengeluh.

1. Perbanyaklah bersyukur
Mengeluh artinya tidak bisa mensyukuri apa yang sudah kamu dapatkan. Jika ada yang bertanya, "gimana bisa bersyukur, orang hidup sudah susah begini kok? Apa-apa serba mahal..."

Justru dengan banyak bersyukur maka kesusahan kamu akan hilang. Masalah yang sedemikian berat pun bakal lebih terasa ringan karena kamu mau bersyukur. Kamu harus bisa fokus mencari solusinya, bukan masalahmu. Salah satu cara pertama untuk menemukan solusi adalah lewat bersyukur. Karena dengan bersyukur maka kita telah menemukan kunci untuk meraih kebahagiaan.

Kita hidup semata-mata untuk mencari kebahagiaan, bukan kesenangan. Jika terus mengejar kesenangan, kamu akan mudah stres. Dan kebahagiaan tidak melulu karena memiliki harta. Kebahagiaan hanya bisa diraih dengan lebih banyak bersyukur. Mulailah perbanyak bersyukur. Dan sadari nikmat Tuhan begitu besar hingga tidak ada yang bisa melukiskannya. Ubah keluhanmu menjadi kebahagiaan dengan selalu bersyukur.

2. Kondisikan pikiranmu tetap positif
Semakin membiasakan diri untuk mengeluh, sama saja dengan membiarkan diri digelayuti pikiran negatif. Semakin dalam kita masuk ke dalam keluhan, maka semakin negatif pikiran yang ada di kepala.

Banyak mengeluh hanya akan merugikan dirimu sendiri, nggak ada keuntungan yang bisa diambil dari kebiasaan mengeluh. Memang, melepaskan diri dari pikiran negatif bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi jika kamu sudah terlalu "nyaman" dengan kondisi yang sering dikeluhkan.

Tapi ya mau nggak mau, kebiasaan ini harus diubah jika kamu tidak ingin terus terperangkap dalam keburukan mengeluh. Jaga pikiran kamu untuk tetap positif. Pikiran positif akan menumbuhkan rasa optimis.

Dengan pikiran yang selalu positif kamu akan lebih bersemangat menjalani hidup. Bisa kembali melakukan banyak hal penting yang mungkin terlupakan ketika kamu lagi banyak dipenuhi pikiran negatif akibat mengeluh.

3. 'Puasa' mengeluh
Cobalah untuk tidak mengeluh paling nggak 3 hari berturut-turut. Cara ini kelihatannya gampang, tapi sangat sulit dilakukan, apalagi baru memulainya.

Jika kamu bisa melakukan dengan baik, tingkatkan lagi menjadi 5 hari berturut-turut. Selanjutnya, tambahkan lagi 'Hari Tidak Mengeluh' setiap kali kamu berhasil melakukan satu tahap.

Rasakanlah perbedaan yang ada di dalam pikiran dan hatimu ketika kamu mampu menjalankan cara ini dengan baik dan konsisten. Ini merupakan proses latihan agar kamu nggak selalu memandang negatif setiap masalah yang dihadapi.

4. Coba lihat ke bawah, jangan ke atas
Saat kamu mulai mengeluhkan kekurangan atau kemalangan yang menimpa, cobalah untuk melihat sekelilingmu. Terutama mereka yang kondisinya berada di bawahmu.

Pasti ada orang yang lebih sukses dan ada juga orang lain yang jauh lebih terpuruk daripada kondisimu. Di luar sana, ada banyak orang yang untuk bisa makan saja harus bekerja keras. Itu pun mereka sudah sangat bersyukur.

Jangan selalu melihat kelebihan orang lain saat kamu sedang tidak puas dengan hidupmu. Karena itu hanya akan memperburuk keluhanmu.

5. Jangan memaksa semua harus sempurna
Iya, manusia memang makhluk Tuhan yang paling sempurna. Tapi bukan berarti semua yang kita lakukan harus selalu sempurna. Manusia juga punya kemampuan terbatas dalam melakukan aktivitasnya.

Ada banyak hal yang tidak dapat kita ubah atau kendalikan, seperti halnya ketidakmampuan manusia dalam mengubah cuaca. Karena itu jangan selalu berpikir untuk selalu sempurna dalam segala hal. Berpikir mengejar kesempurnaan hanya akan memancing munculnya keluhan ketika hasil akhir tidak sesuai harapan.

Kesalahan dan kekurangan adalah hal yang manusiawi. Memaksakan kesempurnaan hanya akan membuat pikiran kamu semakin berat. Jika dibiarkan, bukan mustahil kamu akan mengalami depresi.

6. Perbanyak pengetahuan dan buka wawasan
Bisa jadi keluhan yang sering muncul merupakan dampak dari kurangnya pengetahuan yang kamu miliki. Kamu mungkin hanya terpaku pada satu hal tertentu saja. Padahal hidup ini ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil dan lakukan. Tapi kamu "memilih" tetap berada pada kondisi tersebut.

Cobalah untuk berpikir lebih kreatif. Mencari ide dan gagasan baru yang sebelumnya belum pernah kamu pikirkan. Tambah pengetahuanmu dengan banyak membaca buku.

Jangan malas pergi ke perpustakaan. Kamu bisa tahu banyak hal dengan membaca buku. Dengan bertambahnya pengetahuanmu dalam hal apa pun, kamu bakal lebih terbuka untuk bisa melihat setiap kejadian dengan lebih bijak.

7. Carilah teman sebanyak-banyaknya
Coba kamu renungi lagi, apakah kebiasaan mengeluh itu juga dilakukan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarmu atau nggak? Kenapa? Karena penelitian menunjukkan, bahwa perilaku manusia dipengaruhi orang-orang di sekitarnya, termasuk perilaku atau kebiasaan mengeluh.

Kalau memang lingkungan pergaulanmu ada orang yang kerjaannya tiap hari mengeluh, sebaiknya mulai sekarang batasi diri berteman dengan mereka. Setidaknya sampai kamu bisa lebih kuat untuk tidak mudah mengeluh lagi.

Perbanyak bergaul dengan mereka yang senang membantu orang lain, dermawan, dan sukarelawan. Para sukarelawan ini merupakan contoh orang-orang yang tidak pernah mengeluh terhadap keadaan, karena mereka mengerti, masih banyak orang lain yang butuh bantuan.

Tidak ada satu pun sisi positif yang bisa kamu ambil dari sebuah kebiasaan mengeluh. Kamu justru akan terpuruk dalam kondisi kejiwaan yang memburuk. Kondisi yang akan membuat kamu sulit merasa bahagia. Jadi, mulai hari ini, cobalah cara di atas agar kamu nggak lagi gampang mengeluh.

Postingan Sebelumnya
Postingan Selanjutnya