Saturday, February 1, 2020

Catat, Risiko Sering Begadang Sambil Mainan Ponsel

begadang, begadang adalah, efek begadang bagi remaja, dampak positif begadang, bahaya begadang untuk wanita, efek begadang bagi wajah, begadang in english, cara mengatasi begadang, akibat terlalu sering begadang bagi wanita

Begadang mungkin sudah menjadi kebiasaan umum yang hampir dilakukan kebanyakan orang, terutama kalangan anak muda. Ada saja yang dilakukan, dari main game, buka Instagram, atau sekedar berselancar di internet. Tapi, tahukah kamu jika terlalu sering begadang sangat tidak baik untuk kesehatanmu? Apalagi sambil mainan ponsel.

Akibat sering begadang, tubuh akan sering kelelahan, dan juga membuat kamu gampang mengantuk pada siang hari yang seharusnya dipakai untuk beraktifitas. Di sisi lain, dalam jangka panjang kekebalan tubuhmu juga akan turun, salah satu penyebab begadang biasanya orang-orang terjaga sambil memainkan ponselnya. Nah jika kamu selama ini melakukan hal itu secara terus-menerus, maka akan berisiko mengalami lima perubahan berikut ini...

1. Kehilangan memori
Sering tidur larut malam bisa menyebabkan masalah suplai darah otak kita, dalam keadaan ini orang akan sering memiliki masalah kesehatan mental, seperti pusing, dan kurang bisa fokus.

Terutama dalam keadaan tidur larut malam, dan berujung pada insomnia. Jika kamu tak ingin mengalami hal itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah istirahat yang cukup.

2. Lebih rentan terserang penyakit
Banyak orang yang keasyikan bermain ponsel hingga larut malam. Ini adalah kebiasaan buruk yang harus segera dibuang, karena hal itu bisa memengaruhi kesehatan.

Begadang menurunkan kesehatan, dan lama-kelamaan akan menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh. Misalnya masalah berat badan, kekebalan tubuh, hingga penyakit jantung dan diabetes akibat masalah berat badan.

3. Kondisi mental memburuk
Orang-orang yang begadang pada malam hari sebenarnya tahu jika kondisi mentalnya akan memburuk, namun mereka mengabaikannya.

Pada malam hari kita seharusnya berhenti dari segala macam aktifitas, supaya bisa mengistirahatkan pikiran dan organ tubuh. Namun, akibat begadang, tubuh akan terus dipaksa bekerja, sedangkan semua organ juga perlu beristirahat. Menurut data penelitian, orang yang tidur larut malam akan memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi.

4. Kulit wajah juga ikut terpengaruh
Kondisi kulit kamu juga akan terpengaruh jika keseringan begadang dan menatap layar ponsel atau komputer. Karena radiasi yang dipancarkan perangkat elektronik sangat serius, hal ini bisa memengaruhi kulit wajah. Dampaknya seperti tampak lebih tua/penuaan dini, jerawat, mata panda, dan lainnya.

5. Kemampuan memori otak menurun
Kemampuan memori otak bisa menurun, jika kita sering begadang. Seperti disebutkan di awal, kurangnya pasokan darah dalam otak menyebabkan kondisi ini, kamu akan sering merasakan pusing, pelupa, dan sering kehilangan fokus.

Hal ini tentu akan memiliki dampak sangat serius pada karir dan kehidupanmu, jadi sebaiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan ini.





Postingan Sebelumnya
Postingan Selanjutnya