Sunday, February 2, 2020

7 Cara Mendapatkan Ide-Ide Terbaik Saat Inspirasi Sedang Buntu

cara mendapatkan ide, cara menghasilkan ide-ide inovatif, teknik untuk menghasilkan ide, bagaimana memunculkan ide-ide inovatif, cara mendapatkan buku ide, bagaimana memunculkan ide-ide baru di tempat kerja, ide-ide kreatif baru, ide kreativitas, ide kreasi

Apa yang membedakan antara ide biasa dan ide terbaik? Ide biasa muncul karena melakukan kebiasaan, dan membantu seseorang dalam memecahkan masalah kecil dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari yang sedang dijalani. Sedangkan ide-ide terbaik kemunculannya tak sesering ide biasa, juga bukan dari kebiasaan yang sering kita kerjakan. Ini membutuhkan sedikit atau kadang bisa juga banyak usaha untuk menindaklanjutinya. Ide-ide bagus seringkali muncul lewat inspirasi tak terduga yang tak jarang akan berbuah kesuksesan jika seseorang mau serius mewujudkannya. 

Tantangan terbesar untuk menghasilkan ide-ide terbaik supaya mengalir adalah, kamu harus mampu membebaskan diri dari pikiran-pikiran takut, ragu-ragu, dan pesimis yang menghabiskan sebagian besar waktu hidupmu. Berikut ini ada tujuh tips yang membantumu membuka pikiran dan memunculkan ide terbaik saat kamu tak punya inspirasi.

1. Sering-sering mengamati
Entah bidang apa saja yang sedang kamu tekuni, ide-ide hebat tidak akan lahir jika kamu terus bermalas-malasan di rumah. Kamu perlu cara lain agar otak berpikir dengan cara yang baru dan kreatif. Luangkan waktu untuk sekedar jalan-jalan, mengamati daerah di kotamu, dan penduduknya. Pengamatan ini bisa merangsang otak untuk berpikir secara berbeda. Dengan mengamati apa yang kamu jumpai seperti mengamati perilaku orang lain yang menarik bisa melahirkan ide-ide baru. Setiap area perkotaan yang padat, mall atau kebun binatang juga bisa kamu coba sebagai tempat observasi.

2. Bersosialisasi dengan orang-orang baru
Bergaul dengan teman atau kolega yang itu-itu saja kadang bisa membuat jenuh. Manfaatkan semua koneksi sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau LinkedIn dan mulailah beberapa obrolan yang menarik. Orang-orang baru tentu belum tahu apa passion dan minat kamu. Jadi kamu harus menanyakan pada pikiran terdalammu sendiri bidang apa yang ingin kamu kembangkan dengan bertanya pada orang-orang yang ahli di bidangnya. Perspektif dan himbauan yang menyegarkan dari mereka akan membantumu memunculkan ide baru, dan mungkin akan terbersit satu atau dua gambaran ide menarik.

3. Baca lebih banyak buku
Buku bagus sekali untuk menciptakan ide baru dan merangsang munculnya ide-ide cemerlang. Kalau kamu selama ini hanya membaca koran, cobalah meminjam buku teman atau mencari di perpustakaan. Buku bacaan membantumu belajar lebih banyak dan memperluas cara berpikir. Ada banyak pilihan bacaan baru yang bisa kamu baca, seperti sains, sejarah, psikologi, dsb. Kamu akan menemukan banyak stimulasi pikiran dan membantumu mengembangkan imajinasimu.

4. Jelajahi website secara acak
Google adalah mesin pencarian yang sangat bagus untuk mencari informasi yang kamu cari, tetapi cara terbaik untuk menghasilkan ide-ide baru adalah dengan belajar hal-hal yang tidak terduga dan diluar kebiasaan. Mulailah dengan menekan tombol 'Saya Lagi Beruntung' dan baca saja informasi acak dari sana. Cobalah untuk memilih referensi website-website mancanegara supaya kamu bisa sedikit meregangkan otak.

5. Buatlah jurnal
Jurnal sangat bagus untuk menuangkan buah pemikiran, perasaan, dan perjalanan hidup kamu. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menyusun dan mengembangkan kebiasaan menulis. Jika kamu belum membuat jurnal, mulailah hari ini. Jika sudah, cukup tambahkan catatan kaki : Ini ide baruku untuk hari ini...

6. Latihan meditasi
Sulit untuk memunculkan ide-ide cemerlang ketika pikiran kamu dipenuhi dengan beban keruwetan hidup sehari-hari. Kamu membutuhkan ruang yang sunyi untuk mengosongkan pikiran. Meditasi akan membantumu menjernihkan pikiran dari stres sehari-hari. Kamu juga dapat dengan tenang menyelesaikan masalahmu dan fokus pada masa depanmu. Cobalah memulai sesi meditasi selama dua jam setiap minggu dan kamu segera menemukan ide-ide baru mengalir deras.

7. Gunakan rasa keingintahuanmu
Sejak bangku sekolah dasar, guru kita pasti sering menstimulasi sikap kritis dengan meminta siswanya mengajukan pertanyaan. Pada dasarnya tujuan pendidikan adalah untuk menempatkan seseorang untuk selalu bertanya, penasaran terhadap hal baru. Selayaknya anak-anak yang memiliki keingintahuan yang besar, kamu harus bisa mempertahankan hasrat ingin tahu, melihat, dan belajar. Kamu harus banyak bertanya jika kamu rasa topik pembicaraan itu sangat menarik.

Semua metode ini membutuhkan komitmen waktu dan energi, tetapi itulah cara untuk mendapatkan ide-ide terbaik. Jika kamu mencoba setiap metode ini, kamu pasti akan menemukan satu atau dua ide cemerlang. Pastikan kamu menulisnya dan menetapkan rencana untuk merealisasikannya. Eksekusi terserah kapan saja, tapi kalau bisa lebih cepat lebih baik.


Postingan Sebelumnya
Postingan Selanjutnya